-->

Tips Hemat BBM Hanya dari Cara Mengemudi

oleh pada Saturday 1 March 2014
Tips Hemat BBM Hanya dari Cara Mengemudi Bandung — Di tengah harga bbm yang naik, diperlukan cara mengemudi yang benar, agar ada penghematan yang cukup signifikan. Apa saja hal tersebut, di artikel ini kita akan bahas satu persatu.

Untuk menghemat BBM (Bahan Bakar Minyak), setidaknya Anda harus memahami hal - hal berikut ini.

- Semakin berat beban yang diangkut mobil, semakin boros penggunaan bbm
- Laju mobil yang tidak konstan, membuat boros bbm
- Tekanan angin pada ban yang kurang (kempis) membuat boros bbm
- Semakin dingin ac mobil yang dihidupkan maka semakin boros bbm
- Semakin lama mesin mobil dihidupkan maka semakin boros bbm
- Pengoperasian gigi transmisi yang salah membuat boros bbm
- Akselerasi dan Pengereman berlebihan membuat boros bbm
- Mesin mobil yang tidak prima bisa membuat boros bbm

Tips Hemat BBM Hanya dari Cara Mengemudi

Setelah mengetahui hal - hal diatas, maka kita bisa menaksir bahwa untuk "menghemat bbm" usahakan mesin mobil Anda dalam keadaan prima. Hal ini penting, mengingat keseluruhan penggunaan bbm berfokus pada mesin ini. Seperti penggunaan AC, secara langsung membebankan kinerja mesin yang ujung - ujungnya nanti pasti menguras bahan bakar minyak. Ban kempis juga berpengaruh, karena membuat gesekan antara ban dan jalan semakin besar, sehingga traksi berkurang dan membebani mesin mobil.

Mengapa kita perlu memperhatikan perpindahan gigi transmisi? Biasanya mobil dengan mesin bensin atau diesel akan bekerja efisien di rentang putaran mesin 1,500 – 2,500 rpm (mesin bensin) dan 1100 - 2100 rpm (mesin diesel, karena disitulah torsi optimal tersedia. Oleh karena itu lakukan perpindahan gigi transmisi di putaran tersebut. Paling hemat jika mobil melaju dengan konstan di putaran tersebut dengan menggunakan gigi transmisi yang tertinggi, biasanya akan tercapai kecepatan kendaraan antara 70 km/jam- 80 km/jam. Demikian informasi tentang Tips Hemat BBM Hanya dari Cara Mengemudi.

Terkait