-->

Tips Mengemudi di Lintasan yang Menurun

oleh pada Tuesday 1 September 2015
Tips Mengemudi di Lintasan yang Menurun Bandung — Tidak semua lintasan jalan selalu datar dan lurus, tapi adakalanya lintasan juga ada yang naik, menurun dan berkelok - kelok. Kesalahan mengemudi saat di jalanan yang menurun dapat menyebabkan bahaya yang bisa terjadi akibat kecelakaan, oleh sebab itu perhatikan tips bagaimana mengemudi di jalur lintasan yang menurun, terutama di lintasan dengan turunan yang tajam. Berikut admin infokan tipsnya yang diperoleh dari obrolan forum otomotif sebelah.

Ada seseorang yang memiliki kebiasaan menginjak kopling full saat di lintasan yang menurun, bersamaan dengan rem. Mungkin Anda juga bertipe sama dengan orang tersebut. Padahal cara tersebut sangat berbahaya, karena dengan menginjak kopling secara penuh (tidak masuk gigi sama sekali) menyebabkan mobil tidak mendapatkan engine brake yang membantu pengereman. Bisa dibilang beban rem jadi bertambah, karena tidak ada yang membantu. Langkah terbaiknya dengan tidak menginjak pedal kopling tetapi tetap kaki siaga di dekatnya. Efeknya nanti, suara mesin menderu. Hal ini bisa dimaklumi, karena itu artinya engine brake tengah bekerja, dan bersama - sama membantu fungsi rem untuk memperlambat laju mobil.

Jika dengan cara ini, mesin mobil ditakutkan mati karena terlalu pelan, solusinya rem jangan diinjak terlalu keras atau posisi gigi dinaikkan satu tingkat. Posisi gigi ini bisa Anda terapkan saat turunan ringan. Kalau di turunan ekstrim ada baiknya menggunakan gigi rendah.

Terkait