-->

Tipe Musik dan Pengaruhnya buat Pengemudi Mobil

oleh pada Thursday 6 March 2014
Tipe Musik dan Pengaruhnya buat Pengemudi Mobil Bandung — Infomasi ini sangat cocok bagi Anda yang suka menyalakan musik saat mengendarai mobil. Memang tidak ada larangan sih jika seseorang menyalakan musik dan memilih jenis lagu yang mereka sukai, namun ada baiknya pahami hal - hal berikut ini. Sekadar meningkatkan kewaspadaan kan tidak ada salahnya bukan! Setiap mobil saat ini sudah dilengkapi dengan peralatan audio (radio, kaset, cd) dengan kualitas suara yang dihasilkan sangat memadai.

Bagi sebagian orang, kehadiran musik membuat perjalanan jadi tidak monoton, ada gairah tersendiri dari efek musik yang mampu membuat kondisi menyetir kita jadi lebih baik. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah semua jenis aliran musik dapat memberikan efek yang sama buat si sopir? ketahui ulasannya berikut ini.

Tipe Musik dan Pengaruhnya buat Pengemudi Mobil

- Mendengarkan musik yang mendayu - dayu, beat lemah membuat pengemudi bisa drop moodnya, sebaliknya jika mendengar musik dengan beat tinggi seperti heavy metal bisa membuat mood menjadi lebih baik.

- Kewaspadaan harus ditingkatkan ketika Anda memutar musik dengan beat tinggi, karena bisa memancing Anda untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

- Mendengarkan musik klasik dan jazz dapat membuat pengemudi menjalankan mobilnya dengan santai dan teratur

- Sebagian orang akan memutar musik dengan volume keras, ketika mereka terlanda kantuk. Padahal cara ini justru menambah bahaya. Karena mampu membuat konsentrasi pengemudi menurun drastis. Kalau kantuk, obatnya cuma 1, ISTIRAHAT, bukan dengan mendengarkan musik.

- Jangan mendengarkan musik yang sama sekali Anda tidak sukai, karena efeknya negatif bisa menyebabkan stress dan distraksi Anda sendiri. Pilih lagu yang benar - benar Anda sukai.

Menurut Dr. Simon Moore, Psikolog dari London University, “Musik yang ideal saat mengemudi adalah musik yang memiliki tempo serupa dengan detak jantung. Yaitu sekitar 60 hingga 80 ketuk per menit. Musik dengan ketukan cepat akan meningkatkan konsentrasi pengemudi pada musik yang didengar,” kata Moore melalui situs Medical Daily. Sedangkan musik tempo ce­pat akan membutakan pengemudi, secara tidak sadar mempercepat laju kendaraan agar sesuai dengan ketukan pada lagu.

Yang perlu diperhatikan, jika mendengarkan musik, usahakan Anda masih mendengar percakapan orang lain di sekitar Anda, bahkan Anda masih mampu mendengar dengan jelas suara sirine mobil di belakang Anda yang mau menyalip. Gunanya agar perjalanan Anda tetap aman, sementara Anda sang pengemudi juga nyaman mendengarkan musik kesukaan Anda. Demikian informasi tentang Tipe Musik dan Pengaruhnya buat Pengemudi Mobil.

Terkait